Wisata Laut

Terdiri dari sekitar 140 gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Teluk Jakarta dan merupakan kawasan wisata bahari.



Pulau-pulau Ayer, Putri, Pelangi, Sepa, dan Pantara telah dikembangkan sebagai “Resort Island”. Sarana-sarana transportasi, akomodasi serta fasilitas pendukung lainnya seperti peralatan untuk olah raga air dan selam juga tersedia.



Untuk mencapai Kepulauan Seribu, tersedia sarana transportasi laut yang bertolak dari dermaga Marina Jaya Ancol dengan waktu tempuh berkisar 1-2 jam. Selain itu terdapat pula ‘Taman Arkeologi’ di Pulau Onrust, Cipir, Kelor dan Bidadari. Keempat pulau itu menyimpan sisa-sisa peninggalan bangunan Belanda abad 17, meskipun sebagian besar kini tinggal puing-puing pondasinya saja. Onrust sendiri mulai dibangun tahun 1618 oleh Gubernur jenderal Jan Pieterszoon Coen. Selain dermaga, ia juga membangun galangan kapal dan kincir angina untuk menggerakan mesin pengergajian kayu. Sementaradi ketiga pulau lainnya Belanda membangun armada pertahanan artileri.



Salah satu benteng yang masih tersisa adalah benteng Martello di Pulau Kelor dan sebuah benteng di Pulau Bidadari. Sedang di Pulau Cipir berdiri sisa bangunan bekas sanatorium yang dibangun pemerinta tahun 1960.



Sarana akomodasi di Pulau Bidadari berupa guest house dengan sejumlah fasilitas permainan dan olahraga bahari. Untuk mencapai pulau bidadari dapat melalui paket perjalanan wisata atau dengan berpetualang sendiri melalui beberapa pelabuhan nelayan seperti Muara Angke, Muara Baru dan Tanjung Pasir dengan menyewa perahu nelayan yang berkapasitas 10 s/d 15 orang. Sedangkan untuk mencapai Pulau Onrust adalah melalui Muara Kamal dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

0 Response to "Wisata Laut"

Posting Komentar